Sunday, March 20, 2011

Curhat ttg Tubuh Kristus.



ada satu hal yang pengen saya bagikan unuk temen-temen semua,. ini sudah jadi uneg" saya selama berminggu-minggu, bahkan berbulan-bulan... jadi saya akan sekedar "curhat" disini. menumpahkan apa pendapat saya, apa yang menjadi pikiran saya, apa yang menjadi 'masalah' saya belakangan ini. So, please, read it carefully. Baca dengan hati-hati. baca dengan kepala dingin, karena saya nulisnya jg dgn kepala dingin, (walau belakangan esmosi jiwa juga, hahah). Ok, cekidot!



Rm. 12:5
demikian juga kita, walaupun banyak, adalah satu tubuh di dalam Kristus; tetapi kita masing-masing adalah anggota yang seorang terhadap yang lain.
1Kor. 12:12
Karena sama seperti tubuh itu satu dan anggota-anggotanya banyak, dan segala anggota itu, sekalipun banyak, merupakan satu tubuh, demikian pula Kristus.



Gereja sebagai Tubuh Kristus.
Jadi apakah tubuh Kristus itu? kalo kita menilik definisi perkata, Tubuh adalah keseluruhan jasad manusia atau binatang yg kelihatan dr bagian ujung kaki sampai ujung rambut. Keseluruhan berarti, tanpa kecuali, kepala, sampai kaki, semuanya.
Kata "Gereja" dalam Alkitab bukanlah mengacu kepada "gedung ibadah", melainkan mengacu kepada "Jemaat" {eklesia} yaitu perhimpunan orang2 yang sudah di tebus, yang di panggil keluar dari gelap kepada terangNya yang Ajaib.

Marilah kita melihat salah satu aspek dari gereja, yaitu Gereja sebagai Tubuh Kristus. (saya rasa hal ini sudah sering dibahas ini di khotbah" minggu, dan mungkin anda sudah lebih mengerti dari saya:P)
secara harfiah, tubuh kristus adalah kristus sebagai kepala, dan kita jemaat-jemaat sebagai anggota tubuh kristus (jemaat-jemaat bukan jemaat). Kepala, sudah jelas letaknya di atas tubuh. kalo letaknya buka di 'atas' berarti itu bukanlah tubuh kristus, tapi entah tubuh apaan.
Letak kepala yang salah tempat ini sering kita lihat menjadi permasalah di gereja-gereja, yang ujung"nya terjadi perpecahan di gereja tersebut. ini dikarenakan posisi KEPALA ditempati oleh orang" yang punya duit, orang" yg sok berkuasa, dll. bahkan, Yesus sendiri berkata.
Lukas 9:58. "Yesus berkata kepadanya: "Serigala mempunyai liang dan burung mempunyai sarang, tetapi Anak Manusia tidak mempunyai tempat untuk meletakkan kepala-Nya."
OK, kita dapet kesimpulan pertama: KRISTUS letaknya paling atas!


1Kr 12:14 Karena tubuh juga tidak terdiri dari satu anggota, tetapi atas banyak anggota.
1Kr 12:20 Memang ada banyak anggota, tetapi hanya satu tubuh.
1Kr 12:27 Kamu semua adalah tubuh Kristus dan kamu masing-masing adalah anggotanya.


Lanjut mengenai anggota tubuh kristus. Coba kita cek badan kita sendiri, (terutama yang masih punya anggota tubuh lengkap.) Ada tangan, kaki, perut, jempol,kelingking pnggung, leher dll. ada macem" anggota tubuh kita, tapi tetap satu kesatuan tho?. Kita bahas point-per point.


1. Banyak anggota tapi satu tubuh.
ya jelas, banyak. dengan bermacam-macam bentuk/rupa. bermacam" fungsi. semuanya satu kesatuan. kita punya pepatah, Bhinneka Tunggal Ika, ya kurang lebih sama lah. Berbeda-beda tapi satu.
Konteks dalam kehidupan sehari-hari adalah bagaimana perbedaan perbedaan kita disatukan di dalam kristus. kita semua punya perbedaan, dari latar belakang pendidikan berbeda, lingkungan berbeda, sifat berbeda, muke beda, semuanya beda. (Walau ada jg yg sama si :P). mw seberapa besar bedanya kita tetap satu.lalu, bagaimana cara kita agar bisa mempertahankan kesatuan dalam kristus tersebut? HARGAI PERBEDAAN ITU. (kalo bahasa PPKN dulu adalah kita harus ada TENGGANG RASA)kalo ga saling menghargai, yang gampang pecah lah kesatuan itu. Nanti sebentar 'tangannya' loncat kemana, 'tumitnya' ngibrit kemana, apalagi jempolnya =w= cuman gara" si "idung" ngomel"/ga menghargai anggota tubuhnya yg lain. (see? kita udah punya contohnya lo :P)
Kesimpulan: Hargailah perbedaan itu, nak! (y!)



2.Saling Membutuhkan.
Yang ini sudah jelas. anggota tubuh membutuhkan Kristus sebagai kepala. begitu juga dengan anggota tubuh kristus saling membutuhkan dengan anggota tubuh yang lain. contohnya simple aja: tangan membutuhkan kaki untu berjalan. kaki membutuhkan mata untuh melihat jalan, dsb. semua saling membutuhkan. karena masing" mempunyai fungsi yan KHUSUS (bisa jg disebut talenta). kita masing" mempunyai fungsi yang khusus, entah fungsi itu sangat besar manfaatnya maupun kecil pengaruhnya. Namun, besar kecil itu tidaklah begitu penting, karena toh kita saling membutuhkan.

contoh konkretnya seperti ini:A digereja adalah seorang majelis/panitia perancang yang memikirkan rencana gereja, program"nya,ad/artnya, mempersiapkan langkah" penginjilan dll. sedangkan B adalah seorang yang tidak begitu pintar namun 'ahli' dalam membersihkan gereja, mencuci piring, atau mungkin hanya sekedar mencabut rumput.

jadi, mana yang lebih besar pengaruhnya? kebanyakan dari kita pasti menjawab A, (ayolah jangan pura" jawab B). Namun,sekecil apapun pengaruhnya, TETAP anda tidak boleh meremehkannya. jika kita telaah lebih lanjut, apa yang akan terjadi jika ketika ramah-tamah tidak ada piring bersih? bagaimana jika bpk Majelis mw parkir mobil, tapi parkiran penuh dengan Ilalang" dan batu" yg tajam? bagaimana jika sedang ada rapat yang melelahkan bahkan tidak ada yang menyediakan minum, bahkan air putih?
Sepele memang, tapi anda HARUS sadar anda BUTUH (orang" seperti ini).
Kebanyakan kita ingin tampil secara individu, merasa bisa mengerjakan segalanya sendiri tanpa memerlukan anggota tubuh. Tetapi faktanya, karena Firman Tuhan berkata bahwa kita secara individu hanyalah anggota bukanlah tubuh itu sendiri, maka PASTI kita memerlukan anggota tubuh lainnya.
KESIMPULAN: Anda tidak bisa bekerja sendiri, Anda BUTUH orang lain.



3.KOORDINASI
Flp. 2:2

karena itu sempurnakanlah sukacitaku dengan ini: hendaklah kamu sehati sepikir, dalam satu kasih, satu jiwa, satu tujuan,
apa yang akan terjadi jika ketika kita ingin berjalan, kaki kiri melangkah sedangkaan kaki kanan melangkah mundur? apa yang terjadi jika kita lapar tapi mulut tidak mau terbuka? apa yang terjadi jika anda ingin bernapas tapi hidung tidak membuka? jika ini terjadi pada anda, munkin anda terkena skizofrenia (penyakit kerusakan sistem saraf)
akhir" ini kita sering melihat gereja yang sakit 'skizofrenia'. pendetanya mw kemana, jemaatnya lari entah kemana. yang satu ke atas, yang satu kebawah. Lucu deh, hahaha.
Antara satu orang dengan orang yang lain tidak pernah bisa sepaham. Antara satu bidang dengan bidang lain selalu ribut. Apa yang satu lakukan, dibiarkan berjalan sendiri tanpa dukungan dan sokongan dari yang lain. Lalu apakah baik seperti itu?
jika seperti itu, maka anda hanya akan JALAN DI TEMPAT, atau istilah kerennya POCO" (Maju-mundur ae).
Namun, jangan salah paham, perbedaan tetap penting (poin 1) namun dalam beberapa hal kita harus mengambil kata mufakat agar semua potensi yang ada bisa disalurkan dengan baik. Itulah gunanya RAPAT. namun, janganlah memaksakan kehendak masing", sok paling bener(walau mungkin kadang" emang bener,) sok eksis(narsis.red), sok kaya (Emang kaya, tapi kok norak), dll.
Yak. 3:14
Jika kamu menaruh perasaan iri hati dan kamu mementingkan diri sendiri, janganlah kamu memegahkan diri dan janganlah berdusta melawan kebenaran!
kita harus sehati, sepikir, satu tujuan dong!
Kita sebagai tubuh kristus harus saling berkoordinasi satu sama lain, harus saling berdiskusi, harus saling BICARA (bbicaranya didepan, bukan 'dibelakang', tentu saja!),
KESIMPULAN: anda butuh suatu KESATUAN untuk MAJU.




bersambung....

1 comment: